-->
http://afriyaiskandar.blogspot.com/
ŲØِŲ³ْŁ€Ł€Ł€Ł€Ł€Ł€Ł€Ł€Ł€Ł€Ł€Ł€Ł€Ł€Ł€Ł€Ł…ِ Ų§ļ·²ِŲ§Ł„Ų±َّŲ­ْŁ…َŁ†ِ Ų§Ų§Ų±َّŲ­ِŁŠŁ…

Home » » Cara Menghilangkan Panu

Cara Menghilangkan Panu

Written By afy-iskandar on Jumat, 11 Oktober 2013 | 17.02

Penyakit panu adalah infeksi jamur yang biasanya terjadi pada jamur. Jamur itu megganggu proses pigmentasi normal sehingga bisa menimbulkan perubahan warna atau belang yang terjadi pada kulit. Masalah gangguan kulit ini sering terjadi pada remaja dan orang dewasa muda. Jikalau bisa diobati pun, warna kulitnya tidak akan berubah selama beberapa minggu. Penyakit kulit panu juga bersifat kabuhan, terutama jika disaat cuaca terasa lembab dan hangat. Penyakit panu ditunjukkan dengan berwarna pada kulit. Warnanya bervariasi dan putih hingga cokelat kehitaman dengan batas yang sangat tegas dibandingkan warna kulit disekitarnya. Bila kulit yang terkena panu tersebut dikerok maka yang keluar adalah serpihan-serpihan yang berwarna keputihan. Panu ini sering muncul di punggung atau leher belakang. Tak jarang juga akan timbul dileher dan sekitar wajah. Cara menghilangkan panu alami adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Penggunaan lengkuas muda untuk menghilangkan panu juga dapat dilakukan. Salag satu caranya adalah dengan memotong lengkuas muda dan menumbuk halus yang kemudian diusapkan tumbukan lengkuas muda tersebut pada bagian kulit yang terserang panu, atau Anda bisa menggosokkan potongan lengkuas muda ke daerah yang terserang panu.
Cara menghilangkan panu alami lainnya adalah dengan mandi disumber iar panas alami yang mengandung belerang, berendam selama yang Anda inginkan di air panas alami juga dapat menimbulkan manfaat yang baik bagi tubuh dan kulit Anda agar tetap mulus dan bebas dari panu. Namun jika tidak ada waktu untuk pergi ke tempat sumber air panas alami. Anda bisa membeli belerang kemudian dilarutkan ke dalam air panas yang bisa digunakan untuk mandi.
Penggunaan bawang putih dalam cara menghilangkan panu alami juga bisa dilakukan.Ambil 1 siung bawang putih kemudian potong menjadi beberapa bagian lalu Anda cukup mengoleskan irisan bawang putih tersebut pada bagian kulit yang terkena pani. Lakukan hal ini secara teratur setiap hari sehingga panu mongering dan akan terkelupas. Oleskan bawang putih pada pagi, siang, dan juga malam hari.
Cara pencegahan penyakit panu adalah menghindari faktor predisposisi baik eksogen maupun endogen dengan cara yang lazim. Memperbaiki higiene sanitasi yang baik serta mengganti pakaian yang lembab dapat mencegah terjadinya panu. Bila keluhan bertambah dan tidak ada perubahan sebaiknya memakai salep anti jamu yang direkomendasikan dokter anda.  Salah satu cara lain menghilangkan penyakit panu adalah dengan menjaga kebersihan kulit. Panu adalah jamur yang berkembang di kulit Anda. Itu artinya kebersihan kulit Anda yang kurang diperhatikan bisa menimbulkan penyakit panu ini. Jadi jaglah kebersihan sangatlah berguna dalam menjaga kesehatan Anda. Mandilah 2 kali sehari, memakai pakaian bersih.

Cara Menghilangkan Penyakit Panu


Panu adalah salah satu gangguan kulit yang ditandai dengan adanya ruam di beberapa bagian tubuh manusia. Kondsi ini jika dibiarkan dan tidak diobati lama-lama akan menjadi kronis, oleh sebab itu harus segera mendapatkan pengobatan yang tepat. Penyakit panu ini biasanya selalu ditandai dengan adanya titik-titik kecil diatas kulit. Bercak-bercak yang muncul tersebut bisa berbentuk oval atau bisa juga berbentuk melingkar. Tempat yang biasanya ditumbuhi panu adalah pada bagian punggung, lengan atas, wajah dan dada. Pada sebagian orang penyakit ini bisa menjangkiti daerah leher dan paha bagian atas. Biasanya warna yang muncul pada bercak-bercak yang ditimbulkan oleh penyakit panu beragam, misalnya merah, merah muda, putih dan juga cokelat. Jika Anda menyentuh ruam tersebut, makan tekstur yang dirasakan akan terasa cukup kasar diperbatasan panu dan kulit yang normal. Cara menghilangkan penyakit panu ini adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang berasal dari alam.
Penyakit panu sendiri disebabkan oleh infeksi jamur yang biasa disebut dengan Pytorosporum ovale. Jamur ini pada dasarnya tidak membahayakan kesehatan. Biasanya selain karena jamut bisa juga disebabkan oleh beberapa hal pencetus lainnya seperti paparan langsung sinar matahari, suhu tubuh, faktor usia, dan system imu. Perubahan warna kulit yang akan terlihat semakin jelas jika penderitanya sering mendapatkan paparan matahari langsung. Misalnya Anda yang sering melakukan sunbathing, bagian kulit yang normal akan Nampak semakin terlihat gelap. Dan sedangkan pada bagian kulit yang mengalami dan terkena penyakit panu ini tidak akan berubah warnanya. Dan hal ini akan menyebabkan bercak-bercak panu yang akan telihat semakin jelas. Salah satu cara menghilangkan penyakit panu adalah dengan ramuan alami seperti getah pohon atau buah papaya.
Cara menghilangkan penyakit panu adalah dengan ramuan dibawah ini :
Bahan : getah pohon/buah papaya
Cara membuat : pelepah atau buah papaya dipotong untuk diambil getahnya.
Cara menggunakannya adalah : Kulit yang kena jamur atauu panu tersebut diolesi dengan getah buah/pohon papaya secara berulang-ulang sampai sembuh.
Sedangkan pencegahan penyakit panu adalah :
  1. Mandi minimal 2 kali sehari.
  2. Jemur handul setelah digunakan.
  3. Hindarilah penggunaan handuk atau pakaian yang dipakai bersama-sama.
  4. Cuci bersih pakaian yang kotor.
  5. Ganti handuk dan pakaian sesering mungkin.
  6. Usahakanlah jangan menyimpan atauu menggantung pakaian pada tempat yang kering.
Cara menghilangkan panu dengan menggunakan jeruk nipis atauu belerang adalah dengan penggunaan belerang sebagai obat panu memang sudah terbukti ampuh dan mujaran untuk mengusir panu dari kulit Anda, caranya adalah dengan mengambil belerang secukupnya lalu haluskan kemudian oleskan tumbukan belerang tadi dengan menggunakan potongan jeruk nipis

Cara Menghilangkan Panu


Kulit merupakan organ terluas dari tubuh kita dengan banyak fungsi penting. Antara lain kulit menahan cairan agar supata kita jangan menjdi kering dan juga merupakan rintangan terhadap pengaruh-pangaruh luar yakni cahaya, suhu dingin, dan panas, hama penyakit dan kotoran. Kulit membentuk zat-zat penting bagi tubuh (vitamin D), membantu mengatur suhu tubuh (dengan jalan transpirasi) dan membuang zat-zat hasil penguraian melalui keringat. Salah satu gangguan kulit karena jamur adalah penyakit panu. Hal ini disebabkan oleh uatu jamur dimorfus nondermatofit yang merupakan inhabitan nrmal pada kulit. Bentuk raginya (Pytorosporum orbiculare), biasanya tidak menimbulkan penyakit (kecuali, yaitu folikulitis pada beberapa individu tertentu). Meskipun demikian, pada beberapa individu, bentuk ragi ini dapat berubah menjadi bentuk hifa dan menyebabkan lesi yang karakteristik. Infeksinya dirangsang oleh keadaan panas dan kelembapan. Lesi yang khas terdiri atas macula bersisik yang oval, papula, dan patches yang terpusat di bagian dada, bahu dan punggung serta jarang sekali terdapat di wajah atau ekstremitas distal. Salah satu cara menghilangkan panu ini adalah dengan cara alami .
Pada kulit yang gelap, lesi-lesi ini mengalami hiperpigmentasi ringan. Pada individu yang pigmen kulitnya sangat gelap, lesi hanya akan tampak sebagai patches yang bersisik. Preparat KOH dan lesi yang bersisik ini akan memperlihatkan suatu konfluensi dari hifa yang penek dengan spora yang bulat (sehingga disebut, spaghetti dan bola dagin/bakso). Ada banyak pengobatan topical yang efektif untuk penyakit panu ini. Larutan yang mengandung sulfur, asam salisilat, atau selenium sulfide akan menghilangkan infeksi ini bila digunakan setiap hari selama 1 minggu dan selanjutnya, secara intermiten. Imidazol topical juga efektif.  Cara menghilangkan panu salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti buah belimbing.
Belimbing berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit darah tinggi dan dalam membantu cara menghilangkan panu pada kulit. Pertama unutk menyembuhkan penyakit darah tinggi dengan memakan buah belimbing yang sudah masak 2 kali sehari sebanyak 2-3 buah. Kedua, untuk mengobati panu pada kulit, ambil 2 buah belimbing dan tumbuk halus. Oleskan sambil digosok-gosokkan pada kulit yang berpanu, dan lakukan 1-2 kali sehari.
Cara menghilangkan panu juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan daun sirih sebagai bahan alaminya. Ambil 10-15 daun sirih. Rebus hingga mendidih. Gunakan sebagia air mandi dicampur di air dingin hingga hangat suam kuku. Jika kulit kita gatal, mengalami penyakit seperti panu atau kurap. Pakailah resep ini secara teratur maka akan menyembuhkan penyakit panu. Sirih memiliki bahan antiseptic yang bagus untuk menyehatkan kulit.

Cara Mengobati Panu


Panu secara kasat mata akan tampak berupa bercak berwarna, bervariasi dari putih sampai coklat kehitaman, dengan batas yang tergolong cukup tegas bila dibandingkan dengan kulit di sekitarnya. Bila dikerok akan tampak serpihan-serpihan keputihan di atas kulit yang menderita panu. Penyakit ini biasanya di derita oleh orang yang kurang menjaga kebersihannya.
Untuk mengobatinya, dapat menggunakan beberapa cara berikut ini :
1. Cara Pertama
Bahan-Bahan :
- 1/8 rimpang lengkuas
- Minyak zaitun secukupnya
Cara Pemakaian :
- Rimpang lengkuas di giling halus
- Lalu tambahkan minyak kelapa
- Oleskan pada kulit yang terserang panu
- Lakukan secara rutin
2. Cara Kedua
Bahan-Bahan :
- Buah atau biji daun jinten secukupnya
Cara Pemakaian :
- Bahan dicuci sampai bersih
- Kemudian di giling halus
- Lalu tempelkan pada bagian yang terkena panu
- Balut dengan kain kasa
- Ulangi 3 kali sehari
3. Cara Ketiga
Bahan-Bahan :
- 1 lembar daun brojo lintang
Cara Pemakaian :
- Daun brojo lintang di haluskan
- Kemudian bubuhkan pada bagian yang terkena panu
- Lakukan sampai panu benar-benar menghilang
4. Cara Keempat
Bahan-Bahan :
- 10 biji belimbing wuluh
- Kapur sirih secukupnya
Cara Pemakaian :
- Biji belimbing wuluh di cuci bersih
- Lalu biji tersebut di giling halus
- Selanjutnya tambahkan kapur sirih
- Aduk hingga bahan tercampur rata
- Kemudian gosokan di bagian kulit yang terserang panu

Obat Panu Tradisional


Panu disebabkan oleh infeksi jamur. Penyakit ini banyak dijumpai di daerah yang beriklim tropis dan daerah yang lembab. Akibat panu, muncul bercak-bercak pada kulit yang berwarna pucat dan bersisik ketika digaruk. Penyakit ini mudah menular dan rasa gatalnya semakin menjadi jika penderita berkeringat. Kendati tidak termasuk penyakit berbahaya, namun panu bisa mengganggu penampilan seseorang.
Ramuan Tradisional Penyakit Panu
1. Ramuan Pertama
Bahan-Bahan :
- 1 ruas jari jahe
- 10 ekor semut hitam
Cara Pemakaian :
- Jahe dicuci hingga bersih lalu diparut
- Masukkan semut hitam kedalam parutan jahe
- Kemudian remas-remas hingga rata
- Oleskan campuran kedua bahan tersebut pada bagian kulit yang terkena panu
- Lakukan 3 kali sehari
2. Ramuan Kedua
Bahan-Bahan :
- 1 ruas ibu jari rimpang lengkuas
Cara Pemakaian :
- Rimpang lengkuas dicuci bersih
- Lalu diparut dan diperas airnya
- Gosokkan air perasan tadi di bagian kulit yang terkena panu
- Lakukan 3 kali sehari
3. Ramuan Ketiga
Bahan-Bahan :
- 1 ruas ibu jari rimpang lengkuas
Cara Pemakaian :
- Potong rimpang lengkuas menjadi 2 bagian
- Kemudian gosok secara perlahan ke bagian kulit yang terkena panu
- Lakukan tiga kali sehari
4. Ramuan Keempat
Bahan-Bahan :
- 1/2 genggam daun ketepeng kebo
- 2 siung bawang putih
Cara Pemakaian :
- Semua bahan dicuci bersih, lalu dilumatkan
- Oleskan ramuan pada bagian kulit yang terkena panu
- Lakukan 3 kali sehari
5. Ramuan Kelima
Bahan-Bahan :
- 2 sendok makan belerang
- 1 sendok makan garam
- Air jeruk nipis secukupnya
Cara Pemakaian :
- Belerang ditumbuk hingga halus
- Lalu campurkan dengan garam dan air jeruk nipis
- Aduk hingga bahan tercampur rata
- Ramuan digosokkan pada bagian kulit yang terkena panu
- Gosokkan 3 kali sehari

Panu


Tinea versicolor atau yang biasa disebut dengan penyakit panu merupakan infeksi jamur yang menimbulkan bercak-bercak kecil yang gelap atau terang dengan batas yang nyata dan tidak teratur dan yang sering terlihat pada leher, dada dan bagian belakang. Penyakit ini biasanya tidak gatal dan tidak begitu penting.
Penyakit panu banyak ditemukan pada daerah tropis. Panu banyak timbul pada kulit orang yang banyak berkeringat dan jarang mandi.Penyebabnya adalah fungi Malassezia furfun. Panu dapat berwarna kehitaman(hyperpigmented), tetapi dapat juga berwarna pucat (hypopigmented).
Gejala-gejala dari tinea versicolor yaitu biasanya timbul ruam kulit dalam berbagi ukuran dan warna, ditutupi sisik halus dengan rasa gatal atau kadang tanpa keluhan dan hanya gangguan kosmetik saja. Variasi warna ruam kulit pada penyakit ini tergantung pada pigmen normal kulit penderita, paparan sinar matahari dan lamanya penyakit. Kadang-kadang warna ruam kulit sulit dilihat. Tinea versikolor dapat terjadi di mana saja seperti di permukaan kulit, lipat paha, ketiak, leher, punggung, dada, lengan dan wajah.
Pengobatan Penyakit Panu
1. Cara Pertama
Bahan-Bahan :
- 1 buah rimpang lengkuas
- Cuka secukupnya
Cara Pemakaian :
- Lengkuas di cuci bersih
- Lalu cacah rimpang lengkuas hingga keluar seratnya
- Kemudian tambahkan sedikit cuka
- Aduk hingga tercampur rata
- Setelah itu gosokkan pada panu
2. Ramuan Kedua
Bahan-Bahan :
- Belerang secukupnya
- Minyak kelapa secukupnya
Cara Pemakaian :
- Belerang dan minyak kelapa dicampur
- Kemudian buatlah salep dengan bahan-bahan tersebut
- Setelah itu oleskan salep tersebut pada panu
- Lakukan setiap hari hingga panu menghilang
Share this article :

0 komentar:

Posted by : afriya iskandar ~ / Software,tip and trick,tutorial ,android ,office, widows

Artikel Cara Menghilangkan Panu diposting oleh Afriya iskandar pada Jumat, 11 Oktober 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, hanya mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini. Terimakasih.selamat jalan-jalan di blog ini.masih banyak artikel menarik lainnya yang harus sobat kunjungi. Happy blogging

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

  • Popular Posts

    VISITOR

    Flag Counter

    TRANSLATE

    English French German Spain Italian Dutch

    Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    Fullower

     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    | Editing by | Afriya iskandar Proudly powered by Blogger
    Copyright © 2011. sattelite`sun star` - All Rights Reserved
    Template Design by Creating Website Published by Mas Template
    go top google+ page facebook twitter rss